Tingkatan Groupset Sepeda Balap Shimano - Centricarticles.com Info Unik

Kamis, 20 Februari 2020

Tingkatan Groupset Sepeda Balap Shimano

 

Sepeda Balap Shimano - Shimano adalah salah satu dari produsen groupset sepeda balap yang sudah banyak dipakai produknya di dunia persepedaan. Mulai dari entry level sampai para atlet profesional sudah banyak menggunakan produk yang satu ini. Pabrikan asal Jepang ini merajai pasar dunia di kelas groupset sepeda. Groupset Shimano memiliki tingkatan-tingkatan tertentu sesuai dengan kualitas nya. Kita simak urutan tingkatan tersebut.


Shimano Claris
Tingkatan yang pertama ini menyasar pada entry level. Harga yang di bandrolnya pun cukup terjangkau. Jenis memiliki pengoperasian gear sebanyak 8 kecepatan pada rear derailure. Chainring yang berada di crank itu memiliki 2 versi yaitu versi double sama versi triple chainring. Yang sehingga kombinasi yang dapat dilakukan adalah dengan jumlah 2x8 speed (versi double chainring) serta 3x8 speed untuk versi triple chainring.

Shimano Sora
Beberapa tahun yang lalu tingkatan ini merupakan tingkatan yang paling bawah dari groupset road bike buatan Shimano. Walaupun begitu tingkatan ini masih cocok untuk entry level. Yang membedakan dari tingkatan ini adalah 9 speed pada bagian gigi belakangnya. Oleh sebab itu pengguna sepeda Shimano ini lebih leluasa saat menggunakan. Jumlah gear yang tersedia di Shimano Sora adalah 2x9 dan 3x9

Shimano Tiagra
Tingkatan ini memang untuk yang masih pemula tapi untuk ke arah yang serius. Teknologi yang diterapkan ini mengadopsi dari seri Dura Ace yang levelnya top. Tingkatan Tiagra ini sudah memiliki 10 percepatan dan mengoperasian gear belakangnya. Sehingga kombinasi yang akan didapat adalah 2x10 speed serta 3x10 speed. Pada seri ini terlah tersedianya disc brake hidrolis. 

Shimano Shimano 105
Tingkatan sepeda jenis ini diperuntukkan kepada yang sudah serius namun bukan buat dijadikan kompetisi. Ada yang bilang bahwa seri 105 ini ialah versi murahnya Ultegra. Kenapa bisa dibilang begitu karena terlihat hampir mirip tampilannya. Selain dari tampilan yang mirip versi 105 ini dibekali dengan 11 gear belakang. Kombinasi yang dapat dipergunakan yang memiliki 11 gear ini adalah 2x11 speed dan 3x11 speed. Tidak heran banyak pensepeda mengkombinasikan groupset antara versi 105 ini dengan Ultegra untuk meminimalkan budget yang ada namun tidak meninggalkan performa Shimano Ultegra.

Shimano Ultegra
Jika ingin bersepeda serius tapi tidak mengocek budget dalam-dalam maka groupset Shimano Ultegra-lah yang menjadi pilihan. Seri itu diperuntukkan untuk pesepedah di jalan raya dan yang sudah profesional atau atlet. Teknologi yang digunakan untuk versi ini adalah Dura Ace. Yang membedakannya hanyalah bobot serta bahan yang digunakan. Tidak heran banyak pesepeda profesional yang banyak menggunakan seri ini. Dengan performa yang mantap saat perpindahan giginya pun itu sangat presisi. Versi dari Ultegra ini memiliki 2 versi yaitu yang pertama adalah tipe yang berkode R8000 dan versi kedua adalah versi elektrik yang dikenal dengan Di2 yang mempunyai kode R8050

Shimano Dura Ace
Nah inilah tingkatan tertinggi dari groupset sepeda balap Shimano. Keunggulan yang dimiliki oleh Dura Ace ini pastinya tidak dimiliki oleh tingkatan dibawahnya. Keunggulan yang ditonjolkan ini yaitu dari bobotnya yang ringan, saat pindah gigi itu presisi serta memiliki daya tahan yang begitu baik. Seperti halnya versi Ultegra. Dura Ace ini memiliki 2 versi juga yaitu versi mekanik serta versi elektrik.

Nah itulah tingkatan groupset dari sepeda balap Shimano yang beredar di pasaran.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda